cara mengatasi hoax di media sosial

6 Cara Mengatasi Hoax di Media Sosial Paling Ampuh Tahun 2019

Posted on

HOAX adalah berita palsu yang kebenarannya tidak terjamin. Akhir-akhir ini marak sekali pesan berantai yang bunyinya kira-kira akan mendapatkan paket internet lumayan besar yakni 35 GB. Padahal di tahun 2019 ini mana ada sih yang gratis? Untuk kencing di wc umum aja bayar hehe.

Pesan hoax ini biasanya dibuat oleh para oknum nakal yang tidak memiliki tanggung jawab. Kita sebagai netizen jika tidak berhati-hati maka akan tertipu dan bahkan bisa ikut menyebarkan pesan hoax tersebut. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa terhindar dari pesan hoax? Nah, disini saya akan memberitahukan kepada anda tips untuk menghindari pesan hoax.

 

Cara Ampuh Mengatasi Hoax di Sosial Media

1. Periksa Fakta atau Kebenaran Berita

Perhatikan baik-baik dari mana berita itu berasal dan siapa sumbernya. Apakah berita itu dari institusi resmi seperti KPK atau Kapolri? Sebaiknya anda jangan dulu cepat percaya dengan berita tersebut apabila informasi berasal dari tokoh politik, pengamat, atau pegiat ormas.

Perhatikan dengan teliti dari mana sumber berita itu berasal. Jika hanya ada satu sumber saja, maka pembaca pasti tidak bisa mendapatkan gambaran secara utuh.

 

2. Cermati Alamat Situs

Untuk informasi yang didapatkan dari website  atau dengan mencantumkan link, cermatilah alamat URL situs yang dimkasud oleh si penyebar. Jika berasal dari situs yang belum terverivikasi sebagai institusi pers resmi misalnya menggunakan blog, mada dapat dipastikan kalau informasi ini meragukan.

Menurut catatan Dewan Pers, di Indoonesia setidaknya terdapat sekitar 43.000 situs yang mengklaim dirinya sebagtai portal berita.

Dari jumlah tersebut, yang sudah terverivikasi sebagai situs berita yang resmi hanya sekitar 300 saja. Artinya, masih ada ribuan situs yang harus anda waspadai karena berpotensi menyebarkan hoax.

Baca Juga  Cara Mematikan Update Windows 10 Secara Paksa Dijamin Ampuh

 

3. Cek Keaslian Foto

Di era teknologi digital yang sudah medorn ini, tidak hanya konten berupa teks saja yang bisa dimanipulasi, namun foto juga bisa saja dimanipulasi oleh oknum nakal. Bahkan untuk video juga bisa lo.

Cara mudah untuk mengecek keaslian foto adalah dengan memanfaatkan mesin pencarian google, yakni dengan melakukan drag atau menarik drop ke kolom pencarian google images.

Lalu hasil pencarian akan menampilkan gambar serupa sehingga bisa anda bandingkan.

 

4. Ikut Serta dalam Grup Diskusi Anti Hoax

Di media sosial sendiri sudah ada banyak grup dan fanspage yang mendiskusikan tentang berit hoax, contohnya saja di Facebook. Anda bisa melihat sejumlah fanspage anti hoax. Disini anda dapat bertanya mengenai kebenaran dari berita itu, apakah hoax atau bukan.

 

5. Hati-hati dengan Judul yang Profokatif

Berita hoax sendiri sering diawali dengan judul yang bersifat profokatif. Misalnya langsung menudingkan jari kepada pihak tertentu yang membuat kita menjadi penasaran untuk membcacanya.

Isinya pun berasal dari laman resmi, tetapi diubah oleh oknum yang tidak memiliki tanggung jawab. Oleh karena itu, jika anda menemui berita dengan judul yang profokatif, sebaiknya anda mencari referensi pada situs berita resminya dahulu. Lalu bandingkan dengan isinya apakah berbeda dengan itu atau sama. Setidaknya anda telah bijak dalam menggunakan internet dan tidak menyalah gunakannya.

 

6. Cara Melaporkan Hoax

Masyarakat anti hoax menyediakan laman untuk melaporkan berita hoax yang anda temui. Untuk lamannya sendiri adalah turnbackhoax.id atau bisa dengan wa ke nomor +62-811-9464-644.

 

Nah sobat, itulah tips ampuh untuk mengatasi hoax yang ada di media sosial. Hoax sendiri bisa membuat keresehan bagi para netizen. Oleh karena itu, kita harus meneliti dengan baik apakah berita itu asli atau palsu. Jangan sampai anda membagikan berita hoax ya. Sekian dan seomoga dapat bermanfaat.