cara mengatasi memori rusak

3 Cara Ampuh Mengatasi Memori / MicroSD yang Rusak

Posted on

Kapasitas internal pada smartphone yang kecil dan terbatas memerlukan sokongan dari penyimpanan eksternal. Hingga saat ini, eksistensi dari MicroSD sebagai penyimpan eksternal belum tergantikan sama sekali meski jenis kartu kenangan baru mulai muncul. Kapasitas dari MicroSD sendiri kini telah mencapai 2 TB.

Sebagai perlengkapan keras tambahan, MicroSD tidak lepas dari berbagai masalah yang timbul. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah tidak terbaca dan adanya file yang corrupt. Jika anda mengalami hal yang serupa, tidak perlu khawatir! Beberapa tips di bawah ini bisa anda gunakan untuk mengamankan MicroSD dari kerusakan.

 

3 Cara Mengatasi Memori/MicroSD yang Rusak

#1. Cek Lewat PC

Kasus rusaknya MicroSD sangatlah banyak. Ada saatnya anda dihadapkan dengan situasi dimana MicroSD tidak bisa dibaca pada smartphone, namun dapat terbaca di PC. Dengan demikian ada dua pilihan yang bisa anda lakukan yaitu mengecek kehancuran MicroSD atau mengerjakan proses dalam bentuk data.

Sambungkan smartphone anda ke PC dengan menggunakan kabel data. Pastikan smartphone berada di mode MSC (Mass Storage Mode). Jika sudah, anda bisa mengerjakan proses pemeriksaan dengan Windows Explorer.

Caranya cukup mudah, anda hanya perlu klik kanan Drive kartu memori, lalu pilih properties> tool> error checking. Setelah itu, proses pemeriksaan akan berlangsung. Jika sudah selesai, eject kartu memori dan masukkan kembali MicroSD ke slot smartphone. Apakah MicroSD anda sudah normal kembali?

Jika belum kembali, mau tidak mau anda harus mengerjakan proses bentuk data. Apabila terdapat beberapa file yang masih terbaca, segera lakukan backup terlebih dahulu dengan cara menyalin semua file tersebut ke perangkat PC anda. Kalau sudah aman, anda boleh mengerjakan proses bentuk data.

 

#2. Bersihkan Lempengan Tembaga

Tips selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membersihkan unsur luar MicroSD nya. Keluarkan MicroSD dari slot smartphone dan pastikan kalau anda telah mematikan smartphonenya. Setelah berhasil dikeluarkan, anda bisa mencuci lempengan tembaga pada MicroSD menggunakan penghapus pensil, cotton bud, atau kain microfiber.

Usap unsur tersebut dengan penuh hati-hati. Jangan sampai anda memunculkan goresan pada lempengan tembaganya. Apabila dirasa sudah bersih, masukan kembali MicroSD dan cek apakah MicroSD anda sudah bisa terbaca atau belum.

 

#3. Format Ulang lewat Smartphone

Tips terakhir yang bisa anda pilih adalah dengan mengerjakan penghapusan data secara total atau bentuk ulang. Cara ini bisa anda lakukan dengan smartphone. Bagi pemakai android, silakan masuk pada menu settings, lalu pilih menu storage.Di menu storage tersebut, pilih pilihan erase SD Card. Dengan demikian, MicroSD akan kembali ke penataan semula tanpa adanya file yang tersisa.

 

Nah sobat, itulah 3 cara ampuh mengatasi MicroSD yang rusak. Jika memori anda mengalami kerusakan, bisa anda betulkan dengan cara diatas. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua ya. Jangan lupa untuk bertanya bertanya jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan .