cara menghemat penggunaan baterai laptop

Cara dan Tips Menghemat Penggunaan Daya Baterai Laptop

Posted on

Laptop merupakan alat elektronik yang banyak sekali penggunanya, laptop menggunakan baterai sebagai catu dayanya. Berikut adalah salah satu keunggulan laptop dibandingkan dengan komputer. Dengan Menggunakan Baterai, berarti kita tidak terlalu bergantung kepada aliran listrik.

Tetapi yang namanya baterai pasti ada daya tahannya, cepat atau lamanya bergantung kepada penggunaannya / pemakaian laptop tersebut. Dan apabila baterai sudah habis, tentu saja baterai tersebut harus di Charge ke aliran listrik.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips Bagaimana cara agar menghemat penggunaan daya baterai laptop agar kalian tidak sering charge batrai tersebut. Berikut Adalah Tips nya :

 

Cara dan Tips Menghemat Penggunaan Daya Baterai Laptop

1. Matikan perangkat yang tidak digunakan

Jika kalian memang tidak menggunakannya, Matikan Wifi Dan Bluetooth (Jika ada) pada laptop kalian. Karena kedua hal tersebut cukup membuat batrai boros apabila dihidupkan. Dan semisal jika laptop kalian mempunyai dua graphic card (VGA card) biasanya laptop laptop gaming mempunyai dua graphic card, Lebih baik disable salah satunya jika tidak digunakan. Untuk mematikannya kalian masuk ke Device Manager laptop kalian.

 

2. Hidupkan Mode “Battery Saver Mode” Laptop Kalian

Biasanya setiap laptop mempunyai ” Battery Saver Mode”. Jika kalian Mengaktifkan Mode tersebut akan memperpanjang masa pakai laptop kalian sebelum batrai habis dan harus di Charge kembali. Mode ” Battery Saver Mode ” ini akan Mengurangi penggunaan daya dari mulai Professor, memory, hard disk, dan Lain Sebagainya, dengan mengurangi sedikit performa dari perangkat tersebut. Cara mengaktifkan ” Battery Saver Mode ” ini umumnya terletak di bagian pengaturan batrai, Kalian Hanya Perlu Klik pada logo batrai laptop kalian ( pojok kanan bawah ) kemudian pilih ” Battery Saver Mode “.

 

3. Kurangi Brightness (Tingkat Kecerahan) Layar kalian

Seperti di Smartphone kalian, jika semakin cerah tampilan layar maka akan semakin cepat juga baterai Kalian habis. Sebisa mungkin kalian kurangi tingkat kecerahan kalian serendah mungkin karena hal tersebut dapat menghemat penggunaan daya batrai laptop. Bukan hanya menghemat batrai, tingkat kecerahan yang rendah dapat meminimalisir terjadinya kerusakan mata kalian. Untuk mengatur tingkat kecerahannya, biasanya laptop-laptop sekarang sudah di lengkapi dengan shortcut di keyboardnya. Untuk mengatur tingkat kecerahan layarnya, terletak di antara tombol F1-F12 ( Dikarenakan Masing Masing Laptop berbeda tombol agar apa yang harus ditekan untuk mengatur Brightness). Jika di laptop kalian tidak terdapat shortcut untuk mengatur tingkat kecerahan, kalian dapat mengaturnya dengan cara klik kanan pada ruang kosong di desktop, kemudian pilih ” Display Settings “.

 

4. Matikan Lampu Latar Keyboard Kalian

Jika laptop kalian dilengkapi dengan keyboard yang berlampu atau bernyala-nyala, lebih baik matikan saja. dikarenakan itu tidak terlalu penting, dengan mematikan lampu latar keyboard kalian, daya tahan batrai laptop kalian akan lebih lama sebelum akhirnya harus di charge lagi.

 

5. Kurangi Resolusi Layar

Beberapa Laptop – Laptop jaman sekarang memiliki resolusi yang tinggi, hal tersebut juga sedikit berpengaruh pada penggunaan daya batrai laptop kalian. Lebih baik kurangi resolusi layar agar dapat menghemat penggunaan daya batrai sehingga kalian bisa menggunakannya lebih lama.

 

6. Usahakan Hindari Kondisi ‘Overheat’

Apakah kalian sering menaruh laptop di atas kasur, bantal atau guling? atau menggunakan laptop dibawah terik matahari? usahakan jangan melakukan hal hal tersebut, dikarenakan dapat menyebabkan laptop menjadi ‘Overheat‘ atau kepanasan. Selain memperpendek daya tahan batrainya, jika laptop sering mengalami overheat dapat merusak komponen komponen penting yang terdapat di laptop. Dan sebaiknya kalian membeli kipas yang khusus untuk laptop agar laptop kalian tidak mengalami overheat dan agar laptop kalian adem atau tidak panas.

 

7. Tutup Aplikasi Dan Proses-Proses Yang Tidak Dibutuhkan

Masuk ke task manager, tutup proses yang sedang berjalan dari aplikasi aplikasi yang tidak dibutuhkan. Selain dapat menghemat batrai, menutup proses-proses tersebut, dan dapat meningkatkan performa prosesor tentunya. tapi jangan kalian close proses yang keterangannya ‘system‘ atau ‘windows’ dan yang ditutup yang keterangan ‘Application‘ saja.

 

Itu adalah sedikitĀ Tips menghemat penggunaan batrai semoga bermanfaat bagi kalian semua, dan jangan lupa share keteman temean kalian agar dapat bermanfaat utnuk kalian semua. jika ada hal yang ingin kalian tanyakan silahkan tanyakan di kolom komentar dibawah.