penjelasan mengenai network interface card

Pengertian, Fungsi dan Jenis NIC (Network Interface Card)

Posted on

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah informasi yang berkaitan dengan komputer dan jaringan.  Mungki dari kalian ada yang sudah pernah mendengar tentang NIC (Network Interface Jaringan) terutama bagi kalian kalian yang masih duduk dibangku sekolah khususnya jurusan TKJ. Kartu antarmuka jaringan (Network Interface Card atau NIC) meyediakan hubungan secara fisik antara jaringan dan komputer workstation. Hampir setiap NIC terletak didalam komputer (internal), yang terpasang pada slot ekspansi didalam komputer. Kualitas sebuah NIC menentukan kualitas kecepatan dan daya guna dari suatu jaringan. menggunakan NIC tipikal jaringan tercepat memang sangat sesuai atau tepat.

Network Interface Card sering juga digunakan oleh kalian yang menggunakan komputer. Jika dari kalian ada yang belum memahami tentang NIC kalian perlu membaca artikel ini agar kalian mengerti. saya akan menjelaskan tentang beberapa pengetahuan yang saya tau. berikut merupakan artikel mengenai informasi NIC ( Network Interface Card).

 

Pengertian, Fungsi dan Jenis NIC (Network Interface Card)

1. Pengertian NIC ( Network Interface Card )

Network Interface Card (NIC) adalah kartu jaringan (papan elektronik) yang ditanam disetiap komputer yang terhubung ke jaringan. Untuk beberapa komputer desktop yang terjual dipasaran saat ini telah dilengkapi dengan kartu yang satu ini. Banyak sekali macam macam kartu jaringan, dan terdapat tiga hal yang harus diperhatikan pada suatu NIC yaitu Tipe kartu jenis Protokol, dan juga tipe kabel yang didukungnya. Tipe kartu terdapat dua macam yaitu PCI dan ISA.

Dan dari sisi kabel ada beberapa tipe kabel yang digunakan ialah UTP (unshielded twisted pair), coaxial dan fiber optik. yang terbanyak dipilih ialah UTP, dikarenakan murah, kemampuanya memadai dan juga pemasangannya cenderung lebih mudah.

Tiga macam NIC yang umum digunakan adalah kartu Ethernet,Konektor Local Talk, dan kartu antar muka jaringan token Ring. Antara Ketiga macam kartu antar muka jaringan tersebut, Kartu Ethernet merupakan yang paling populer, dan selanjutnya Token Ring dan Local Talk.

 

2. Fungsi NIC

-Menerima data yang telah dikirim dari komputer lain.

-Sebagai Media pengirim data ke komputer lain di dalam jaringan.

-Untuk megontrol data flow antarakomputer dan sistem kabel.

-Menterjemahkan data menjadi bentuk bit, sehingga dapat dimengerti oleh komputer penerima.

 

3. Jenis NIC

A. Network Interface Fisik ( Physical )

Sama seperti dengan namanya, Network inteface card fisik ini merupakan sebuah Network Interface yang dapat kita sentuh karena physical atau fisik, yang berbentuk kartu dan ditancapkan dengan slot yag telah ada di dalam motherboard utuk card NIC. NIC fisik inilah yang biasa kita gunakan sehari-hari, yang memiliki port RJ-45 utuk mengkoneksikan sebuah komputer kedalam jaringan menggunakan kabel.

B. Network Interface Logis (Logical)

Jenis NIC yang satu ini berbeda dengan NIC fisik, NIC yang satu ini merupakan sebuah kartu antarmuka jaringan yang tidak bisa di sentuh dikarenakan Network inerfaces Logical ini adalah sebuah software aau program yang dibuat mendefinisikan dirinya seolah-olah menjadi sebuah Network Interface Card.

 

Itulah Artikel mengenai Pengertian, Fungsi Dan Jenis NIC semoga bermanfaat bagi kalian semua, dan jangan lupa untuk share ke teman teman kalian agar mengerti tentang apa itu NIC. Jika dari kalian ada yang ingin bertanya silahkan tanyakan dikolom komentar di bawah.