Pengertian dan Contoh Perangkat Output pada Komputer

Posted on

Pengertian dan Contoh Perangkat Output pada Komputer – Output Device atau Perangkat Output merupakan tempat untuk mengeluarkan hasil proses yang dilakukan oleh komputer. Hasil proses tersebut berupa informasi yang dibutuhkan oleh pengguna komputer. dan hasil dari output tersebut bisa berupa gambar, suara, dan video sesuai yang diinginkan pengguna komputer. dibawah ini merupakan beberapa unit output komputer yang sering digunakan.
1). Monitor – Merupakan alat untuk menampilkan data input dan output komputer secara visual. Data dikirim melalui peralatan komputer (keyboard) dengan kode binery, kemudian ditampilkan dilayar dalam bentuk text dan grafik. Dilihat dari cara kerjanya , monitor dibagi menjadi dua yaitu CRT ( Cathode Ray Tube) dan LCD (Liquid Crystal Display), sedangkan dilihat dari macam-macam kartu grafisnya (VGA), terdapat beberapa macam monitor, adalah sebagai berikut.
  • Monitor Mono – yaitu monitor hanya menampilkan text dan hanya dapat menampilkan grafik jika kartu video mempunyai kemampuan untuk mengirim grafik (tidak berwarna)
  • Monitor CGA/RGB –  yaitu monitor yang mampu menampilkan warna dan grafik.
  • Monitor EGA – yaitu monitor yang mampu menampilkan grafik dan warna dengan resolosi yang lebih tinggi dari pada yang ditampilkan oleh CGA.
  • Monitor VGA – yaitu monitor yang mampu menampilkan grafik dan warna dengan resolusi yang lebih tinggi dari pada yang ditampilkan oleh EGA.
  • Monitor Super VGA – yaotu monitor dapat menampilkan grafik dan warna dengan resolusi yang lebih tinggi dari pada yang ditampilkan oleh VGA standar (640 x 480 dan 1024 x 768).
2). Printer – merupakan alat untuk menghasilkan hardcopy (rekaman keras) atau mencetak dikertas hasil olahan komputer, berupa tulisan maupun gambar. Dilihat dari cara kerjanya, terdapat beberapa macam printer, dan dibawah ini merupakan beberapa macam printer.
  • Dot Matrix Printer – menggunakan kepala cetak berisi sekumpulan jarum besi. pola dari jarum diketukkan ke karbon dan akan membentuk pola yang dikehendaki dikertas dalam bentuk matriks 7 baris 5 kolom atau 9 baris 7 kolom atau 9 baris 9 kolom.
  • Inkjet Printer – adalah jenis printer yang bekerjanya berdasarkan semprotan tinta ke atas kertas melalui kepala cetak yang mempunyai pipa penyemprot kecil (nozzle). Electronic deflector akan mengarahkan semprotan tinta keatas kertas.
  • Laser Printer – merupakan gabungan antara teknologi xerographic yang digunakan pada fotocopy dengan teknologi laser.
3). Speaker – Merupakan alat bantu output yang dapat menghasilkan suara , yang dapat diinput lewat mikrofone maupun suara hasil olahan komputer. Speaker juga sama saja dengan Headset tetapi headset berukuran kecil dan suaranya juga kecil. dibawah ini merupakan jenis-jenis speaker.
  • Speaker Mono
  • Speaker Stereo
  • Speaker 3D Surround dan lain-lain.
4). Proyektor – digunakan untuk menampilkan semua informasi yang ada dilayar monitor dengan media layar lebar sehingga dapat dilihat oelh beberapa orang. Kegunaan proyektor adalah untuk melakukan presentasi, menonton film, atau untuk kegiatan belajar mengajar.
Demikian artikel tentang Pengertian dan Contoh Perangkat Output pada Komputer yang insyaalloh bisa menambah wawasan kamu dalam dunia Teknologi yang sudah semakin canggih dan kamu juga bisa gunakan sebagai bahan ajar untuk disekolah. Apabila ada kata atau review yang kurang jelas bisa langsung ditanyakan pada kolom komentar yang telah disediakan Terimakasih.