pengertian, fungsi, dan jenis internet service provider

Pengertian, Fungsi, dan Contoh ISP (Internet Service Provider) Lengkap

Posted on

Di era digitalisasi saat ini, kita dapat dengan mudah bertukar informasi atau data dengan mudah dan cepat tanpa terhalang jarak dan waktu menggunakan teknologi internet. Selain itu, dengan adanya jaringan internet anda juga bisa memperoleh beraneka macam informasi yang dibutuhkan menjadi lebih cepat dan hanya membutuhkan biaya yang murah. Tetapi, tahukah anda bahwa  agar dapat mengakses jaringan internet dibutuhkan suatu koneksi. Koneksi tersebut bisa anda dapatkan dengan cara berlangganan ke ISP (Internet Service Provider) terlebih dahulu. Lalu, apa yang dimaksud dengan ISP?

Bagi anda yang sudah terbiasa terjun ke dunia jaringan pasti isitilah ISP bukan lagi menjadi hal yang asing. Namun, sebagian orang cuma mengetahui jika untuk dapat terhubung ke dunia internet menggunakan perngkat yang biasanya disebut dengan modem. Sedangkan, untuk melakukan pengisian data internet  pada modem, anda hatus berlangganan ke ISP terlebih dahulu. ISP inilah yang nantinya akan mementukan biaya pemakaian internet kepada setiap pelanggannya. Dengan adanya ISP lah anda bisa mengakses daya yang terhubung ke berbagai jaringan, baik itu jaringan domestik maupun jaringan internet global.

Oleh karena itu, pada artikel ini saya akan menjelaskan tentang pengertian dari ISP, fungsi dari ISP dan juga beberapa contoh ISP yang ada di Indonesia. Untuk penjelasan lebih lanjut, simaklah pemaparan tentang ISP dibawah ini.

 

Pengertian, Fungsi, dan Contoh ISP (Internet Service Provider) Lengkap

Penjelasan ISP (Internet Service Provider)

ISP merupakan singkatan dari tiga kata yaitu Internet Service Provider. Jika ketiga kata tersebut diartikan maka akan menjadi, Internet yang diartikan sebagai jaringan komunikasi global yang bisa menghubungkan seluruh orang di dunia. Kemudian ada Service yang berarti layanan yang disediakan dan yang terakhir adalah Provider yang dikatakan sebagai peneyedia. Jadi istilah dari ISP itu sendiri adalah penyedia atau pembuat jasa layanan internet yang digunakan sebagai media informasi dan komunikasi secara global.

Dengan begitu, agar dapat mengakses internet anda membutuhkan sebuah koneksi untuk dapat terhubung dengan internet. ISP inilah yang bisa memenuhi kebutuhan anda agar dapat mengakses internet dengan mudah.

 

Fungsi ISP

Setelah membahas pengertian ISP, maka dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya ISP berfungsi sebagai penyedia jasa layanan akses internet untuk semua orang. Selain itu, ISP juga masih memiliki banyak fungsi yang mungkin belum anda ketahui. Dibawah ini adalah fungsi ISP yang akan dijelaskan dengan secara lengkap.

  • ISP memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk dapat mengakses seluruh informasi yang berasal dari dari WWW (World Wide Web).
  • Pengguna bisa menikmati layanan berupa surat elektronik (e-email) dengan memanfaatkan ISP.
  • Fungsi dasar dari ISP adalah sebagai penyedia layanan internet, oleh karena itu ISPlah yang menentukan user untuk bisa terhubung dengan gateway internet terdekat dengan area user.
  • ISP juga sanggup memberikan layanan terhadap pengguna berupa proteksi agar dapat terhindar dari penyebaran virus dengan cara memberikan antivirus.
  • Dengan adanya ISP juga memungkinkan setiap pengguna agar dapat melakukan percakapan suara melalui internet.

Setelah mengetahui tentang ISP dan fungsinya, lalu bagaimana cara kerja dari ISP?

nda harus berlangganan ke ISP terlebih dahulu agar bisa mengakses internet. Anda dapat menikmati layanan ISP dengan menggunakan wireless, kabel, dan modem. Setelah anda terhubung dengan ISP, maka ISP akan memenuhi permintaan yang anda minta dengan cara meneruskan data atau permintaan anda ke jaringan internet yang sesuai dengan permintaan lalu akan diterjemahkan oleh router. Router inilah yang nantinya akan menentukan rute permintaan anda ke tujuan yang diinginkan.

 

Contoh ISP yang ada di Indonesia

Di Indonesia, ISP biasa disebut dengan PIJI (Penyelenggara Jasa Internet) yang berawal dari perusahaan penyedia layanan telepon. Berikut ini akan dijelaskan tentang beberapa contoh ISP yang ada di Indonesia.

1. IndiHome – Telkom Speedy

Indihome (Indonesia Digital Home) merupakan produk besutan dari PT. Telkom Indonesia yang menyediakan layanan Triple Play yang terdiri dari Internet Rumah (Fixed Broadband Internet), Telepon Rumah (Fixed Phone) dan TV Interaktif (Usee TV). Saat ini, ISP (yang dulu ialah Telkom Speedy) sudah menggunakan teknologi Fiber Optic yang membuat layanan yang ditawarkan mempunyai keunggulan daripada menggunakan teknologi coaxial cable.

 

2. Biznet

Biznet Network merupakan salah satu penyedia layanan multimedia dan telekomunikasi yang memberikan layanan internet, layanan jaringan (network), pusat data dan layanan hosting dan cloud computing. Pada tahun 2000, Biznet Network didirikan hanya untuk berfokus pada dunia korporat. Biznet juga mengoperasikan layanannya dengan menggunakan jaringan Fiber Optic tercanggih dan memiliki data center terbesar di Indoneia.

 

3. FirstMedia atau FastNet

First Media didirikan pertama kali pada tahun 1994 dengan nama Broadband Multimedia. First Media juga menawarkan jasa layanan seperti IndiHome yaitu Triple Play, namun berbeda. Triple Play mencakup jasa internet dengan kecepatan tinggi dan tidak terbatas (FastNet), TV dengan kabel digital (HomeCable) dan komunikasi data yang berkecepatan tinggi serta berkapasitas besar (DataComm). Saat ini, First Media mengoperasikan layanan dengan menggunakan jaringan kabel Hybrid Hybrid Fiber-Coaxial (HFC) yang berfrekuensi 870 MHz.

 

4. Indosat IM2

IM2 adalah produk ISP yang dimiliki oleh PT. Indosat IM2 semenjak tahun 1996. Selain menawarkan layanan internet yang canggih kepada pengguna internet, IM2 juga memberikan jasa penyewaan domain serta hosting.

 

5. Centrin

Centri adalah Internet Service Provider (ICP) yang dimiliki oleh PT. Centrin Online dan didirikan sejak tahun 28 Oktober 1987 dengan nama Centrin utama. Centrin menawarkan jasa layanan untuk koneksi internet koneksi internet dengan menggunakan infrastruktur yang canggih, salah satunya ialah memberikan layanan koneksi hingga 160 Mbps ke Backbone Internasional.

 

6. MNC Play Media

Contoh ISP di Indoensia yang terakhir MNC Play. MNC Play didirikan dibawah pimpinan MNC Kabel Mediacom (MKM) pada bulan Januari tahun 2013 yang berfokus untuk memberikan layanan jaringan dengan menggunakan Fiber Optic. Beberapa layanan memiliki MNC Play ini berupa layanan internet dengan koneksi yang super cepat hingga 1000 Mbps, layanan TV kabel, dan layanan interaktif lainnya.

 

Nah sobat, itulah penjelasan tentang informasi seputar ISP berta fungsi, cara kerja, dan contoh ISP yang ada di Indonesia. Dengan anda paham dan tahu artikel diatas dengan baik, maka anda bisa memilih untuk berlangganan dengan ISP yang anda inginkan. Selain itu, anda juga dapat menjadi pengguna yang baik dan tidak merugikan pengguna ISP lainnya.