aplikasi yang wajib di install setelah install ulang

9 Software Yang Wajib Install Setelah Melakukan Install Ulang Windows

Posted on

Bagi kebanyakan orang, melakukan install ulang windows mungkin hal yang besar yang jarang dilakukan. Namun nyatanya dalam melakukan install ulang windows tidaklah merepotkan atau sulit untuk dilakukan. Jika kamu sering melakukan install ulang windows pasti beranggapan bahwa itu bukanlah hal besar dan sulit untuk dilakukan. Berbeda dengan orang yang belum terbiasa melakukannya, mungkin mereka akan berfikir sebaliknya dari apa yang kamu pikirkan.

Dalam melakukan kegiatan meng-install ulang (reinstall) windows pasti memiliki banyak harapan serta tujuan yang ingin didapatkan. Misalnya banyak terjadi kerusakan atau error pada komputer atau laptop yang dimiliki. Karena adanya masalah itu, pasti rasanya ingin mengatasinya. Selain membuat risih karena banyaknya masalah dan membuat tidak enak dalam pemakaiannya, tentunya ada hal lain yang menggangu yaitu komputer yang sedang digunakan menjadi lemot atau lag. Nah, biasanya langkah terakhir yang digunakan ialah meng-install ulang windows.

Dalam melakukan install ulang windows juga mudah karena bisa dilakukan sendiri di rumah. Selain bisa melakukannya sendiri, tentunya dapat menghemat uang kamu karena kamu tidak perlu lagi repot-repot ke tempat servis yang komputer dan mengeluarkan biaya untuk melakukan install ulang. Selain masalah yang sudah yang sebutkan tadi, ada juga masalah lain yaitu banyak data yang corrupt, terkena virus, banyak sekali software yang terinstall, serta hal lain yang membuat kerugian.

Hal pertama yang biasanya dicari orang setelah melakukan install ulang ialah software-software yang dibutuhkan dan dulu sering digunakan untuk memudahkan penggunaannya. Bagi kamu yang sedang bingung, lupa, atau sedang mencari referensi mengenai software yang wajib diinstall setelah melakukan install ulang, kamu bisa menyimak artikel ini. Software dibawah ini juga sangat memudahkan kamu dalam melakukan kegiatan pemakaian komputer, jadi jangan lupa untuk menginstallnya setelah membaca artikel ini. Nah, berikut ini ialah software yang wajib kamu download setelah kamu baru saja melakukan install ulang Windows.

 

9 Software yang Wajib di Install Setelah lnstall Ulang Windows

1. Driver

Yup, yang pertama ialah driver. Setelah saya melakukan install ulang windows, software yang pertama saya install ialah driver. Driver merupakan hal yang harus pertama kali diinstall pada setiap hardware yang kamu gunakan di komputer atau laptop. Misalnya pada VGA, Motherboard, Monitor, dan bahkan keyboard serta mouse yang benar-benar membutuhkan driver sendiri untuk pengaturannya. Kamu juga bisa mengunduh DriverPack yang telah menyediakan banyak sekali driver di berbagai hardware yang anda butuhkan.

 

2. Downloader

Selanjutnya adalah Downloader. Kenapa downloader? Karena dengan software downloader kamu bisa dengan mudah mendapatkan file yang ingin kamu dapatkan dengan cara mendownloadnya. Rasanya juga akan kurang lengkap jika kamu tidak memiliki software downloader yang bisa digunakan untuk download software lain, download film, download lagu, gambar, serta file-file lain yang sangat penting. Software downloader sangat memudahkan kamu dalam proses menggunakan komputer atau laptop. Untuk software downloader sendiri kamu bisa menggunakan IDM (Internet Download Manager). Sangat bermanfaat sekali jika kamu meng-install IDM, selain mempermudah penggunaan komputer dalam hal download mendownload, IDM juga memberikan kenyamanan pada penggunanya dengan cara memberikan kecepatan yang maksimal dalam urusan download. Akan sangat efisien sekali jika kamu memiliki waktu senggang namun ingin download sesuatu dengan praktis dan cepat.

 

3. Browser

Software yang wajib kamu install selanjutnya adalah Browser. Browser berfungsi sebagai penjelajah web yang membuat kamu dapat melihat seluruh isi dunia tanpa perlu datang ke tempatnya. Untuk saat ini, browser yang paling terkenal dan paling banyak digunakan oleh setiap orang ialah Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dll. Windows juga menyediakan browser tersendiri yaitu Internet Explorer. Namun dari kebanyakan orang jarang menggunakan browser Internet Explorer yang disediakan oleh Windows. Kamu juga bisa menggunakan browser lain yang sudah saya sebutkan tadi dan dapat mendapatkannya secara gratis di Google. Seiring perkembangan zaman, banyak sekali browser yang telah muncul pada perangkat komputer maupun pada smartphone yaitu Apple Safari, Maxton, Flock, UC Browser dan masih banyak lagi.

 

4. Microsoft Office

Sudah tidak asing lagi kan mendengar nama Microsoft Office? Microsoft Office merupakan software atau perangkat lunak yang dibuat oleh Microsoft yang dirancang untuk dijalankan pada sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Aplikasi buatan dari Microsoft yang saat ini sedang terkenal ialah Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, dan Microsoft Outlook. Untuk versi terbaru dari Microsoft Office ialah Office 15 (Office 2015) yang dirilis pada 29 Januari 2013. Kamu pasti belum tau kan kalau Microsoft Office sudah lama ada? Microsoft Office sendiri perdana rilis pada 19 November 1990. Sudah lama sekali kan yaitu sudah 28 tahun. Untuk memudahkan pekerjaan kamu dalam pembuatan dokumen pastinya kamu membutuhkan aplikasi dari Microsoft Office seperti Microsoft Word, Excel, yang dapat memudahkan kamu dalam pengerjaannya.

 

5. WinRAR

Selanjutnya adalah WinRAR. WinRAR merupakan perangkat lunak atau software yang berguna untuk mengarsipkan dan mengkompresi file yang dibuat oleh Eugene Roshal. WinRAR dapat mengarsipkan file menjadi format RAR dan ZIP. Saya juga menggunakan WinRAR karena sangat membantu sekali. Biasanya beberapa file atau berkas yang telah kamu download digabungkan dalam sebuah arsip agar ukuran filenya menjadi lebih kecil dan berformat RAR atau ZIP. Biasanya file game yang ukurannya bergiga-giga akan diarsipkan atau dikompres untuk memperkecil ukurannya agar bisa didownload oleh para penikmat game. Karena filenya berformat RAR atau ZIP kamu juga bisa mengekstrak isi file tersebut dengan WinRAR.

 

6. Antivirus dan Software Keamanan

Antivirus merupakan jenis software yang berfungsi untuk mencegah, mendeteksi, mengamankan, dan menghapus virus sistem komputer. Antivirus juga dapat menentukan apakah sistem komputer kamu terinfeksi virus atau tidak dengan cara mendeteksi atau memindai semua berkas. Antivirus sangatlah cocok bagi kamu yang suka download melalui internet dan juga bagi kamu yang sering menggunakan Harddisk dan FlashDisk. Kamu harus menginstall antivirus pada komputer atau laptop yang kamu gubakan. Saat ini banyak sekali virus, Malware, adware, bloatware serta virus lainnya yang bisa mengancam keamanan berkas-berkas pada PC kamu. Banyak software keamanan yang bisa kamu gunakan untuk melawan virus-virus seperti SMADAV, Avast Internet Security dan yang lebih cocok untuk windows ialah Microsoft Security Essentials.

 

7. Multimedia Player

Multimedia Player berguna untuk memutar video dan audio. Bagi kamu yang suka menonton film merupakan pilihan yang sangat tetap untuk menggunakannya. Software multimedia juga sangat banyak seperti MPC-HC, VLC MediaMPlayer, GOM Player dan masih banyak lagi. Banyak sekali berkas yang bisa kamu mainkan dengan format mp4, MKV, flv, avi, mpeg, 3gp dan untuk audio ialah MP3, wav dan masih banyak format lainnya. Setelah melakukan install ulang windows sangat berguna sekali menginstall software multimedia player karena memiliki banyak sekali kegunaan.

 

8. Software Maintenance

Salah satu tujuan dari install ulang windows adalah mengembalikan performa PC agar kembali maksimal dan tidak lemot. Nah untuk menjaga performa dari PC kamu agar tetap maksimal kamu membutuhkan Software Maintenance untuk memastikan performanya tetap maksimal. Untuk software maintenancenya kamu bisa gunakan CCleaner, Auslogics Duplicate File Finder, Auslogics Disk Defrag, dan masih banyak lagi software lainnya yang bisa kamu gunakan.

 

9. VPN

Yang terkahir adalah VPN. Bagi kamu yang suka membuka situs yang diblokir oleh internet positif sangat direkomendasikan untuk menggunakan VPN hehe. VPN sendiri berfungsi untuk menyamarkan IP kamu dan membuatnya berada di lokasi tergantung server yang kamu pilih, sehingga kamu dapat membuka situs-situs yang diblokir oleh internet positif. Untuk menggunakan VPN juga membutuhkan software seperti Hotspot Shield, OpenVPN, Psiphon dan masih banyak lagi software VPN yang bisa kamu gunakan.

 

Itulah software yang wajib kamu install setelah melakukan install ulang. Untuk memudahkan kamu sebaiknya kamu download dulu aplikasi tersebut sebelum melakukan install ulang agar kamu tidak perlu lagi repot-repot mengunduhnya setelah melakukan install ulang.

Jika ada software yang kamu ketahui namun belum ada diatas, kamu bisa menambahkannya pada kolom komentar. Semoga artikel diatas dapat membantu kamu dan menambah wawasan. Apabila ada pertanyaan jangan sungkan untuk menanyakannya pada kolom komentar.